• Home

Friday, April 8, 2011

Penggunaan Teknologi Informasi Untuk Keunggulan Kompetitif



A. Pendahuluan
1. Dalam upaya mencapai keberhasilan, para manajer perlu menyadari pengaruh dari lingkungan perusahaan.
2. Perusahaan dihubungkan dengan elemen-elemen dalam lingkungannya melalui arus sumber daya fisik maupun konseptual.
3. Perusahaan berusaha memperoleh keunggulan kompetitif dengan mengelola arus sumber daya termasuk informas Sumber daya informasi perusahaan mencakup lebih dari sekedar informasi. Sumber daya tersebut mencakup :
· Perangkat keras (hardware) yang digunakan;
· Perangkat Lunak (software)
· Para spesialis informasi serta
· Para pemakai informasi.

B. Perencanaan Strategis
Manajer pada semua tingkatan terlibat dalam perencanaan, tetapi rencana para manajer tingkat tertinggi menjangkau jauh kedepan Rencana-rencana strategis ini menyatakan apa yang akan dicapai perusahaan dalam lima, sepuluh tahun yang akan datang atau lebih, dan menguraikan bagaimana tujuan-tujuan tersebut akan dicapai Setelah para eksekutif mempersiapkan rencana strategis bagi perusahaan, rencana-rencana serupa dibuat untuk tiap bidang fungsional. Rencana strategis fungsional menggambarkan bagaimana tiap bidang fungsional akan memberikan kontribusi pada tercapainya tujuan-tujuan perusahaan.


C. Delapan Elemen Lingkungan
Elemen-elemen lingkungan perusahaan adalah organisasi atau individu yang berada diluar perusahaan dan memiliki pengaruh langsung atau tidak langsung pada perusahaan.
Delapan elemen ini berada pada sistem yang lebih luas, yang disebut dengan masyaraka.

1. Pemasok : menyediakan material, mesin, jasa dan informasi yang digunakan oleh perusahaan untuk memproduksi barang dan jasa.
2. Pelanggan : sasaran pemasaran barang dan jasa hasil produksi. Mencakup pemakai saat ini dan calon pemakai
3. Serikat Pekerja : adalah organisasi bagi tenaga kerja terampil maupun tenaga kerja tidak terampil.
4. Masyarakat Keuangan : terdiri dari lembaga-lembaga yang mempengaruhi sumber daya uang yang tersedia bagi perusahaan. Contohnya meliputi bank dan lembaga peminjaman lainnya, serta perusahaan-perusahaan investasi.
5. Pemegang saham/pemilik : adalah orang yang menanamkan modal di perusahaan dan mewakili tingkat manajemen tertinggi.
6. Pesaing : mencakup semua organisasi yang bersaing dengan perusahaan.
7. Pemerintah : pada tingkat pusat, daerah dan lokal, memberikan kendala-kendala dalam bentuk undang-undang dan peraturan, tetapi juga memungkinkan memberikan bantuan dalam bentuk pembelian, informasi dan dana.
8. Masyarakat Global : adalah wilayah geografis tempat perusahaan melaksanakan operasinya. Perusahaan menunjukkan tanggung jawabnya pada masyarakat global dengan memperhatikan lingkungan alam, menyediakan produk dan jasa yang meningkatkan kualitas hidup.


D. Arus Sumber Daya Lingkungan
Sumber daya yang mencakup manusia, material, mesin, uang, dan informasi mengalir ke perusahaan dari elemen-elemen, melewati perusahaan dan kembali kepada elemen-elemen tersebut. Semua sumber daya dari lingkungan yang memasuki perusahaan akhirnya kembali kepada lingkungan.

1. Sebagian sumber daya mengalir lebih sering dari yang lain.
a. Arus yang sangat sering mencakup :
· Arus informasi dari pelanggan
· Arus material kepada pelanggan
· Arus uang kepada pemegang saham
· Arus mesin dari pemasok, dan
· Arus pekerja dari serikat pekerja

b. Arus yang agak jarang meliputi :
· Arus uang dari pemerintah
· Arus material kepada pemasok (pengembalian barang dagangan)
· Arus pekerja kepada pesaing (pegawai yang diambil paksa oleh perusahaan lain)

2. Keunggulan Kompetitif
Istilah yang berkaitan dengan lingkungan yang muncul adalah keunggulan kompetitif (competitive advantage). Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui banyak cara, seperti :
· Menyediakan barang dan jasa dengan harga yang murah,
· menyediakan barang dan jasa yang lebih baik dari pesaing,
· memenuhu kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu.

3. Strategi Memenangkan Kompetisi

1. Penguasaan teknologi untuk menghasilkan produk barang maupun jasa.
2. Peningkatan kualitas sumber daya manusia
3. Jeffrey Preffer, seorang pengamat corporate dan human resource mengatakan bahwa salah satu kunci memenangkan persaingan di lingkungan bisnis yang bergejolak adalah terletak pada sumber daya manusia.
4. Bagaimana agar sumber daya manusia diperusahaan dapat secara optimal berkarya dan dikaryakan
5. Usaha meningkatkan unjuk kerja dari setiap karyawan yang dipimpinnya. Kursus, pelatihan, dan sedikit refreshing mungkin dipandang sebagai sesuatu hal yang kurang penting oleh sebagian orang di level manajemen. Namun sebenarnya hal itu merupakan sarana yang tepat untuk melakukan pencerahan kembali tentang hal-hal yang telah dilakukan selama ini yang tentunya akan memberikan motivasi untuk peningkatan kerja di masa mendatang.
6. Market Place yang tepat
7. Tiga tantangan besar yang mempengaruhi para manajer dalam menjalankan sistem pemasaran yang dilakukan dalam perusahaan yaitu :

· Perubahan tingkat kompetisi
· Internet dan teknologi informasi
· Konsolidasi internal industri.

Terbentuknya sistem informasi yang akurat untuk membantu setiap pengambilan keputusan. Informasi merupakan kebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiap manajemen untuk melakukan pengambilan keputusan. Sedangkan suatu sistem informasi bertujuan untuk memasok segala kebutuhan informasi bagi mereka yang membutuhkannya. Sistem informasi yang tepat akan membantu kebijakan level manajerial dalam hal program-program dan rencana operasional serta sasaran yang akan dicapai oleh organisasi atau perusahaan.

0 comments:

Post a Comment